Dua Jalan - Henry Cahyono Motivator dan Trainer

Dua Jalan - Henry Cahyono Motivator dan Trainer Semua manusia dilahirkan dalam keadaan suci, ia bebas memilih apa yang ia percaya... thumbnail 1 summary

Dua Jalan - Henry Cahyono Motivator dan Trainer

Semua manusia dilahirkan dalam keadaan suci, ia bebas memilih apa yang ia percayai. Tetapi dalam pertumbuhannya manusia pasti terpengaruh oleh keluarganya, lingkungannya, masyarakatnya, dan negaranya. Jika kita renungi dalam-dalam arti dalam pilihan hidup, maka hanya ada dua jenis, yaitu berbuat baik atau berbuat buruk. Tidak lebih dan tidak kurang. Sesuai dengan Al-Quran sebagai Furqon yang menjelaskan bahwa hanya ada 2 jalan di dunia ini, yang artinya sebagai berikut.

“Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.”(91:8)

Ketika Anda dihadapkan oleh dua pilihan ini, mana yang Anda pilih? Apakah Anda ingin ke jalan baik (Taqwa) atau ke jalan buruk (fasik). Itu adalah pilihan Anda. Karena hidup adalah pilihan. Berbicara mengenai pilihan, pasti ada resiko, tidak ada sesuatu di dunia ini yang dilakukan tanpa ada resiko yang menanti. Semua pasti ada, jadi ketika Anda sudah siap memilih, pastikan diri Anda siap menerima resikonya.

Tidak ada jalan diantara kedua pilihan baik dan buruk, sebenarnya tidak ada statement “melakukan perbuatan buruk demi kebaikan”. Sesuai dengan Al-Quran dalam salah satu ayatnya yang mengatakan bahwa

“dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.” (2:42)

Inilah yang tidak boleh kita lakukan, mencampur yang benar (hak) dan yang salah (batil) tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Jika diibaratkan, sesuatu yang hak layaknya air putih yang bersih, murni, jika diminum seseorang pastilah menyehatkan. Namun itu semua akan berubah seketika, tatkala kebatilan yang pada kasus ini kita ibaratkan racun, yang pastinya tidak baik bagi kesehatan. Ketika kedua hal ini dicampurkan, apakah yang terjadi? Air putih yang awalnya menyehatkan apakah akan tetap menyehatkan setelah ditambah racun? Tentu saja tidak, bahkan air tersebut akan menjadi racun. Hikmah yang dapat kita ambil adalah ketika kebaikan di campurkan dengan keburukan, maka yang muncul adalah keburukan.

Inilah sedikit pelajaran yang dapat kita ambil dari kata-kata motivasi Henry Cahyono, motivator muda yang siap bergerak.





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan